7 Khasiat Lobak untuk Ibu Hamil, Bisa Dikonsumsi Setiap Hari!

gambar unggulan

Mengonsumsi lobak rupanya memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Terdapat nutrisi penting seperti kalium, zat besi, folat, vitamin C, A, B, hingga zinc yang sangat baik untuk perkembangan janin.

Meski begitu, lobak tak bisa dikonsumsi langsung seperti wortel atau sayuran lainnya. Kita harus memperhatikan teknik pengolahan dan memasaknya hingga matang sempurna agar tetap aman, nutrisi terjaga, dan patogen hilang. Olahan lobak menjadi hidangan sautee atau sup adalah pilihan terbaik.

lobak min

Berikut ini 7 khasiat mengonsumsi lobak matang untuk ibu hamil:

 

  • Melawan Kanker

Mengutip Momjunction, lobak tergolong dalam kelompok sayuran cruciferus yang mengandung senyawa isothiocyanate dan sulforaphane. Senyawa ini memberikan rasa sedikit pahit pada sayur yang mampu melawan sel kanker. Konsumsi lobak setiap hari dibarengi dengan gaya hidup sehat akan menurunkan risiko kanker pada ibu dan bayi.

 

  • Menjaga Kesehatan Paru-paru

 Kandungan vitamin C di dalam lobak mampu menjaga kondisi paru-paru ibu hamil yang memburuk akibat paparan asap rokok dan zat lainnya. Lobak juga mengandung antioksidan dan vitamin A yang ampuh meningkatkan kesehatan paru-paru. Dengan begitu, lobak turut membantu ibu hamil dalam mencegah kondisi serius seperti radang paru-paru, emfisema dan masalah paru-paru lainnya.

 

  • Menambah Imunitas

 Jika ingin meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan menginginkan sistem kekebalan tubuh yang kuat, mulailah makan lobak selama kehamilan. Lobak membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Selain itu, lobak juga membantu meringankan sembelit karena kandungan serat yang ada di dalamnya.

 

  • Menyehatkan Organ Hati

 Lobak juga melindungi dan mengurangi risiko kanker hati. Sayuran ini membantu hati mengeluarkan hormon estrogen. Oleh karena itu, lobak cukup optimal dalam sistem detoksifikasi karena akan membuang racun berbahaya di dalam tubuh.

 

  • Menjaga Kontrol Gula Darah

 Dilansi Healthline, lobak mampu menolong ibu hamil dalam mengontrol kadar gula darah, khususnya pengidap diabetes. Studi menunjukkan pengobatan dengan 45 mg ekstrak lobak akan menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kadar insulin. Studi ini juga menentukan bahwa lobak dapat membantu memperbaiki gangguan metabolisme lain terkait diabetes, seperti kolesterol darah tinggi.

 

  • Menjaga Kesehatan Jantung

 Glukosinolat dalam lobak dapat terurai menjadi zat indoles dan isothiocyanates, yang bersifat anti-inflamasi atau anti-peradangan.

 

Salah satu jenis senyawa spesifik dalam lobak adalah arvelexin yang menghambat senyawa pro-inflamasi seperti oksida nitrat, yakni sejenis radikal bebas. Arvelexin juga dapat mengurangi cedera pada sel usus besar manusia.

 

  • Merawat Elastisitas Kulit

 Lobak merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A, C, dan zat besi yang mendukung kesehatan kulit dan rambut. Vitamin A penting untuk fisiologi kulit yang membantu produksi sebum dan pencegahan jerawat. Sementara vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit tampak muda dan kenyal.

 

Adapun zat besi membantu produksi melanin di rambut sehingga ibu hamil dapat terhindar dari rambut rontok atau pertumbuhan uban lebih dini.

 

Untuk itu, lengkapi kebutuhan nutrisi bayi sejak dalam kandungan dengan mengonsumsi lobak. TaniHub menyediakan lobak putih kualitas terbaik langsung dari tangan para petani di Indonesia.

 

Tak hanya memberikan gizi terbaik untuk bayi, TaniHub juga membantu kita untuk mendukung pertanian dan perekonomian lokal. Dapatkan banyak vitamin dari lobak dan segera belanja di TaniHub untuk promo menarik setiap minggunya!