Cara Ternak Ikan Dalam Tangki untuk Pemula

ternak ikan dalam tangki

Ternak ikan saat ini menjadi salah satu peluang usaha rumahan yang hasilnya sangat menggiurkan. Saat ini kebutuhan pokok terus mengalami peningkatan salah satunya kebutuhan akan pasokan protein hewani dari ikan.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bisa mencoba ternak ikan dalam tangki. Banyak orang tertarik untuk ternak ikan dengan media kolam dari tangki.

Kedengarannya mudah, namun harus tetap menerapkan prosedur agar hasil panen ikannya melimpah dan maksimal. ternak ikan biasanya menggunakan media kolam, namun kalau kamu tidak memiliki kolam bisa menggunakan tangki.

Cara Ternak Ikan Dalam Tangki

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa teknik ternak ikan dalam tangki. Untuk informasi selengkapnya silahkan simak penjelasan di bawah ini.

a.Menyiapkan bahan untuk tangki ikan

Sebelum ternak ikan, ada beberapa bahan yang dibutuhkan seperti tangki, pipa paralon, alas kaki, keran, penutup saluran air, dan lem.

Saat memilih tangki, pastikan jangan memilih ukuran kecil karena bisa mempengaruhi pertumbuhan ikan. Jadi tangki yang tepat itu memiliki ukuran sekitar 120 liter.

b.Menyiapkan bibit ikan

Apapun jenis ikan yang akan kamu budidayakan, pastikan memilih bibit ikan yang berkualitas. Hal ini sangat penting sekali karena berpengaruh terhadap hasil panen ikannya.

Pastikan memilih dan membelinya dari tempat yang jual bibit ikan nila, lele atau lainnya terpercaya. Benih ikan juga tidak cacat, memiliki warna cerah, lincah, dan gesit. Selain itu memilih benih ikan yang memiliki ukuran sama, sehingga tidak ada yang menjadi kalahan saat pemberian pakan.

c.Penempatan tangki ikan

Sebelum pengisian air maka silahkan letakkan tangki di lokasi yang strategis. Hal ini bertujuan agar suhu air tetap stabil, tidak terlalu dingin dan terlalu panas. Setelah itu kamu bisa melakukan pengisian air dan penebaran benih.

Saat penyebaran bibit ikan, pastikan disesuaikan dengan ukuran tangki. Biasanya untuk tangki ukuran 1 meter, bibit ikan yang disebar sekitar 1,5 kg ikan.

d.Pemberian pakan

Ikan agar tumbuh secara maksimal harus diberikan pakan secara teratur dan tambahan vitamin. Pemberian vitamin ini bertujuan agar ikan tidak mudah terkena penyakit yang bisa memperlambat pertumbuhannya.

Jangan lupa melakukan pemisahan ikan berdasarkan ukuran dan berat. Hal ini agar kamu lebih mudah dalam proses memberi pakan. Selain itu proses panen akan lebih mudah dan hasilnya maksimal.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa teknik ternak ikan dalam tangki agar hasilnya melimpah. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuan untuk budidaya ikan dalam tangki.