Alat Kontrasepsi Terbaik Untuk Remaja

Memilih Kontrasepsi terbaik

Di antara banyak alat kontrasepsi yang tersedia, alat kontrasepsi terbaik untuk wanita melibatkan dua metode: pil dan tempel. Pil dianggap terbaik untuk wanita yang ingin mencegah kehamilan tanpa mempertaruhkan kehamilan. Ia bekerja dengan mengatur ovulasi, sehingga mencegah wanita hamil. Namun, harus dipertimbangkan bahwa itu tidak memberikan kontrol mutlak atas apakah seorang wanita hamil atau tidak. Ini bekerja paling baik sebagai bantuan dalam meningkatkan peluang wanita untuk hamil, tetapi itu bukan kontrasepsi terbaik untuk wanita yang tidak ingin hamil.

Kontrasepsi terbaik untuk wanita, menurut pendapat medis, termasuk jenis kontrasepsi hormonal yang disebut cincin tembaga. Ini adalah salah satu jenis kontrasepsi hormonal yang paling populer, dengan sekitar sembilan persen dari semua wanita yang menggunakan metode ini melaporkan bahwa mereka memiliki efek. Ia bekerja dengan mengatur kadar hormon, sehingga mencegah ovulasi, yang pada gilirannya berarti bahwa tubuh wanita tidak akan dapat melepaskan telur.

Cara Memilih Kontrasepsi Terbaik Untuk Remaja

Memilih Kontrasepsi terbaik

Kontrasepsi darurat, atau pil darurat, adalah bentuk lain dari kontrasepsi hormonal. Mereka bekerja dengan mengatur kadar progesteron dan estrogen yang biasanya akan dilepaskan selama kehamilan. Ketika diambil dalam waktu tiga hari setelah pembuahan, itu akan mencegah sel telur yang telah dibuahi ditanamkan ke dalam rahim. Dengan demikian, itu akan mencegah sel telur yang dibuahi berkembang menjadi cukup bulan.

Jika Anda berniat untuk menggunakan salah satu metode ini, penting untuk diingat bahwa Anda hanya dapat yakin untuk hamil jika Anda mulai menggunakan alat kontrasepsi pada tahap awal kehamilan Anda. Jadi, yang terbaik adalah tidak mulai menggunakan alat kontrasepsi sebelum Anda melewatkan menstruasi. Anda juga perlu mengunjungi dokter untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki reaksi alergi terhadap bagian mana pun dari kontrasepsi atau komponennya.

Ingatlah bahwa bahkan kontrasepsi terbaik untuk wanita akan gagal jika Anda tidak menggunakannya dengan benar. Misalnya, jika Anda minum pil darurat setelah satu minggu berhubungan seks tanpa kondom, Anda tetap tidak bisa hamil.

Mirena adalah IUD yang mencegah wanita berovulasi. Itu dimasukkan oleh dokter di bawah area perut. Setelah dimasukkan, ia melepaskan hormon yang mengatur siklus menstruasi dan akan mencegah ovulasi. Namun, sistem tidak akan mencegah implantasi jika tidak ada sel telur yang akan dibuahi. Dengan demikian, itu tidak akan meningkatkan kesadaran kesuburan seorang wanita, juga tidak akan mengurangi peluangnya untuk mengalami kehamilan ektopik. Yang terbaik adalah menggunakan Mirena sebagai salah satu bentuk kontrasepsi sampai menstruasi Anda cukup teratur untuk memungkinkan implantasi berlangsung.

Jenis kontrasepsi lain yang digunakan oleh beberapa wanita adalah alat kontrasepsi tembaga. Sebuah kumparan ditempatkan di dalam rahim, di mana ia melepaskan hormon yang menghambat menstruasi. Karena metode ini mengurangi siklus menstruasi seorang wanita, metode ini dipilih daripada opsi lain yang disebutkan di atas karena tidak akan mengurangi kesadaran akan kesuburannya.

Selain itu, telah ditemukan bahwa metode ini paling baik untuk wanita dengan ketidakseimbangan hormon yang telah mencoba menggunakan pil KB dan IVF. Wanita yang tidak ingin menanggung ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pil KB hormonal atau IUI harus mempertimbangkan opsi ini.

Ligasi tuba adalah pilihan pengendalian kelahiran terbaik lainnya yang tersedia untuk wanita. Dalam ligasi tuba, sebuah cincin kecil ditempatkan di sekitar saluran tuba untuk menghalangi sperma mencapai sel telur. Prosedur ini tidak mencegah sel telur yang telah dibuahi tertanam di dalam rahim, tetapi prosedur ini membatasi jumlah sperma yang dapat dimiliki seorang pria. Karena ligasi tuba sering membutuhkan prosedur berulang, yang terbaik adalah untuk wanita yang tidak hamil dan mampu melahirkan anak.

Kontrasepsi terbaik untuk kedua jenis kelamin adalah IUD yang mencegah kehamilan dengan menjaga sperma keluar dari rahim atau mengganggu pembuahan untuk memastikan bahwa sel telur tidak tertanam di dalam rahim. Banyak wanita lebih memilih kondom pria terbaik yaitu fiesta condoms daripada kondom wanita, karena lebih sulit bagi pria untuk mencapai orgasme dengan menggunakan kondom pria daripada kondom wanita. Jika Anda berencana untuk melakukan hubungan seksual, Anda harus berbicara dengan pasangan Anda tentang segala jenis kontrasepsi yang mungkin terbaik untuk Anda.